PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
Pengertian Pemasaran
Pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan. Semua perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Pemasaran merupakan konsep menyelutruh dari pengertian istilah-istilah tentang penjualan, perdagangan dan distribusi. Gambaran tentang pemasaran secara luas data diketahui dari definisi yang dikemukakan oleh William J. Stanton berikut ini :
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa sebenarnya proses pemasaran itu terjadi atau dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi. Keputusan-keputusan dalam pemasaran harus dibuat untuk menentukan produk dan pasarnya, harganya dan promosinya. Perusahaan harus memberikan kepuasan kepada konsumen jika mengharapkan usahanya dapat terus berjalan, atau konsumen memunyai pandangan yang baik terhadap perusahaan.
Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Pemasaran termasuk kedalam salah satu kegiatan perekonomian dan membantu dalam penciptaan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itulah yang akan menentukan harga barang dan jasa bagi individu-individu. Kegiatan lain yang dapat menentukan nilai ekonomi adalah produksi (yang membuat barang dan jasa) dan konsumsi (yang menggunakan barang dan jasa).
Dalam hal ini, pemasaran berada di antara produksi dan konsumsi; ini berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut. Pemasaran sangatlah penting di era perekonomian saat ini dimana penjual berada di pihak pemasaran (juga produksi) dan pembeli berada pada titik konsumsi. Maka perusahaan harus dapat menciptakan faedah (utility) bagi konsumen.
Faedah (utility) adalah kekuatan suatu produk atau jasa dalam memuaskan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan 5 faedah, yakni faedah bentuk (form utility), faedah waktu (time utility), faedah tempat (place utility), faedah milik (ownership utility) dan faedah informasi (information utility).
Dari kelima faedah tersebut, yang tercipta dalam kegiatan pemasaran yakni faedah waktu, faedah tempat, faedah milik dan faedah informasi.
Konsep Pemasaran
Merupakan suatu falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan. Segala kegiatan perusahaan di bidang produksi, teknik, keungan dan pemasaran diarahkan pada usaha untuk mengetahui keinginan pembeli dan kemudian memuaskan keinginan tersebut dengan mendapatkan laba. Jadi, bagian pemasaran memunyai peranan aktif sejak dimulainya proses produksi.secara difinitif dapat dikatakan bahwa :
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan.
STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Sebagai fungsi pokok dalam perusahaan, pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan. Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan ke dalam dua sub bagian, yaitu :
1. Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang,
2. Sub bagian penjualan umum.
Kepala sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan alat penunjang bertanggung jawab terhadap masalah-masalah : perencanaan dan perdagangan barang, periklanan, riset pemasaran, analisis dan pengawasan penjualan, anggaran penjualan, peramalan penjualan, perencanaan saluran, territorial dan kuotam pengawasan persediaan, penjadwalan produksi, serta distribusi fisik. Sedangkan kepala sub bagian penjualan umum bertanggung jawab terhadap masalah-masalah : penjualan lapangan dan kegiatan kantor penjaulan termasuk servis langganan dan servis barang.
PASAR
Menurut W.J. Stanton pasar adalah orang-orang yang memunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya.
Dari definisi tersebut dapat ditemukan adanya tiga unsur penting yang terdapat dalam pasar, yakni :
- Orang dengan segala keinginannya,
- Daya beli mereka,
- Kemauan untuk membelanjakan uangnya.
MACAM-MACAM PASAR
Pada pokoknya, pasar dapat dikelompokan ke dalam 4 golongan, yakni :
- Pasar Konsumen
Sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.
- Pasar Industry
Pasar yang teridiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasiyang membeli barang-barang untuk dipakia lagi, baik secara langsung maupun tidak, dalam memproduksi barang lain yang kemudia ndijual. Barang yang dibeli adalah barng industri.
- Pasar Penjual
Suatu pasar yang terdiri atas individu-individu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan laba.
- Pasar Pemerintah
Pasar di mana terdapat lembaga-lembaga pemerintah, seperti departemen-departemen, direktorat, kantor-kantor dinas dan instansi lain.
SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.
MARKETING MIX DAN PRODUK
MARKETING MIX adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan,yakni :produk,struktur harga,kegiatan promasi dan system distribusi.
Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat di raba maupun tidak dapt di raba,termasuk bungkus, warna,harga,prestise perusahaandan pengecer,pelayanan perusahaan dan pengecer,yang di terima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.
PENGOLONGAN BARANG MENURUT TINGKAT PEMAKAIN DAN KEKONGKRITANYA
1. BARANG TAHAN LAMA adalah barang-barang yang secara normal dapat di pakai berkali-kali jadi bias di pakai dalam waktu yang lama.
2. BARANG TIDAK DAPAT LAMA barang tidak tahan lama adalah barang-barang yang secara normal hanya dapat di pakai satu kali atau berapa kali saja ,artinya sekali di pakai akan habis,rusak,atau tidak dapat di pakai lagi.
3. JASA adalah kegiatan ,manfaat,atau kepuasan yang di tawarkan untuk di jual.
Pengolongan barang menurut tujuaan pemakaiannya oleh si pemakai
1.BARANG KONSUMSI
BARANG KONSUMSI adalah barang-barang yang di beli untuk di konsumsikan.berdasarkan kebiasaan membeli dari konsumen,barang konsumsi di kelompokkan lagi menjadi tiga golongan :1.barang konvenian,2.barang shopping,dan,3.barang sepesial.
2.BARANG INDUSTRI
BARANG INDUSTRI adalah barang-barang yang di beli untuk dip roses lagi atu kepentingan dalam industri baik secara langsung maupun secara tidak langsung di pakai proses produksi.
SIKLUS KEHIDUPAN BARANG (Product Life cycle)
Seperti halnya manusia,barang juga memiliki siklus kehidupan/umur(Life cycle)
Yang terdiri dari berbagai macam tahap sejak barang di perkenalkan sampai tidak ada di pasarkan:ini di sebut sebagai siklus kehidupan barang
• Tahap perkenalan pertama dari siklus kehidupan barang ini ,barang mulai di pasarkan dalam jumlah yang besar walaupun volume penjualannya belum tinggi.
• Tahap pertumbuhan dalam tahap pertumbuhan ini kurva penjualan semakin meningkat dan masyarat sudah membeli barang berangkutan ,maka usaha promosi yang di lakukan perusahaan tidak seagresif tahap berikutnya.
• Tahap kedewasaan dan tahap kejenuhaan,dalam tahap-tahap ini tingkat tingat laba mulai menurun ,dan persaingan sangat ketat .usaha periklanan mulai di tingkatkan lagi untuk menghapi persaingan.
• Tahap kemunduran
• Dalam tahap kemunduran ini penjualan semakin menurun;dan labanya juga menurun,bahkan menderita rugi.
MARK
Suatu produk dapat di bedakan dengan produk lainnya dari segi merk(brand)
Brand adalah suatu nama,istilah simbol,atau disain,(RANCANGAN)atau kombinasinya yang di maksud untuk member tanda pengenal atau jasa dari seseorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakan dari barang-barang yang di hasilkan oleh pesaing.
SALURAN PEMASARAN
Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang di gunakan untuk produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai kekonsumen atau ke pemakaqi industri.
SALURAN DISTRIBUSI GANDA
Ada beberapa masalah yang harus di pertimbangan dalam pemilihan saluran distribusi .faktor-faktor tersebut antara lain :
• Jenis barang yang di pasarkan
• Produsen yang menghasilkan produknya
• Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
• Pasar yang di tuju
PEDAGANG BESAR
Pedagang besar merupakan salah satu lembaga saluran yang penting,terutama untuk menyalurkan barang konsumsi.
PENGECER
Dalam pemasaran,pengecer(retailer)mempunyai perasaan yang tinggi karena berhubungan secara langsung dengan konsumen akhir.jadi,perdagangan eceran ini meliputi semua kegiatan yang berhubungan secara langsung dengan penjualan barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi (bukan untuk keperluan bisnis).
JENIS-JENIS PENGECER
Menurut banyaknya produk line,pengecer dapat di golongkan ke dalam(a)generali merchandise store,(b)single-line,dan(c)specialy store
AGEN
Adapun jenis-jenis agen yang ada antara lain :
1. Agen penjualan,yang mempunyai tugas utama mencarikan tugas utama mencarikan tugas bagi produsen .
2. Agen pembelian,yang mempunyai tugas utama mencarikanpenyedia/supplier bagi para pembeli.
3. Agen pengagkutan,yang mempunyai tugas utama menyampaikan barang dari penjual kepada pembelinya.
Meskipun mereka ini tidak mempunyai hak milik ,tetapi mereka ikut secara aktif dalam perdagangan barang yang di hasilkanoleh produsen.
JUMLAH PRANTARA DALAM SALURAN
Setelah produsen menentukan saluran distribusi yang di pakai ,masalah yang di hadapi berikutnya adalah masalah penentuan jumlah perantara pada tingat perdaganganbesar/perdagangan eceran.
DISTRIBUSI FISIK
Distribusi fisik
Istilah distribusi fisik di pakai untuk mengambarkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ke tempat tertentu pada saat tertentu.
PENENTUAN HARGA
HARGA adalah sejumlah uang (di tambah beberapa barang kalau mungkin )yang di butuhkan untuk mendapatkan sejumlahj kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT HARGA
1.KEADAAN PEREKONOMIAN
Keadaan perekonomian sangat mempengarui tingkat harga yang belaku
2.PENAWARAN DAN PERMINTAAN
Permintaan adalah sejumlah barang yang di beli oleh pembeli pada tingkat harga tertentu
3.ELESTETITAS PEMBAYARAAN
Faktor lain yang dapat mempengaruhi penentuan harga adalah sifat permintaan pasar .
PROMOSI DAN PERIKLANAN
• PROMOSI
Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang di gunakan perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan passarnya.
• PRIKLANAN
Priklanan adalah komunikasi non induvidu,dengan sejumlah biaya,melalui berbagai berbagai macam media yang di lakukan ,lembaga non-laba,seta induvidu-induvidu.
1. Tujuan periklanan yang terutama adalah menjual atau menigkatkan penjualan barang atau jasa
2. Jenis periklanan adlah periklanan barang ,periklanan kelembagan.
3. Media periklanan pemilihan jenis media yang akan di gunakan merupakan salah satu bagi seponsor.
4. Biro priklanan merupakan lembaga bisnis yang berdiri sendiri,yang mengkhususkan kegiatan di bidang perencanaan,pengembangan.
PERSONAL SELLING,PROMOSI,PENJUALAN,DAN PUBLISITAS
Personal selling
Personal selling ini merupakan kegiatan promosi yang beda dengan periklanan karena mengunakan orang/induvidu di dalam pelaksanaannya.
PERSONAL SELLING adalah interaksi antar induvidu,saling bertemu muka yang di tunjukan untuk menciptakan ,memperbaiki,menguasai,atau mempertahankan hubungan pertengkaran yang saling menguntungkan dengan pihakm lain.
1.PROSES PERSONAL SELLING
Dalam kegiatan personal selling terdapat beberapa tahap yang perlu di lakukakan,secara keseleruhan membentuk suatu proses,tahap-tahap tersebut adalah :
a) Persiapan sebelum penjualan
b) Penentuan lokasi pembeli potensial
c) Pendekatan pendahuluan
d) Melakukan penjualan
e) Pelayan sesudah penjualalan
2.JENIS TUGAS PENJUALAN DAN SELESMAN
a. Trade selling dan merckadising salesman
b. Missionary selling dan detailmain
c. Tachinical selling dan seles engginer
d. New business selling dan pioneer product salesman
Promosi penjualan
Promosi penjualan ini merupakan istilah yang berbeda dengan istilah promosi meskipun sama-sama mengunakan promosi ,peromosi penjualan hanya sebagian dari kegiatan promosi.
PUBLISITAS
Hampir sam dengan priklanan , publisitas ini merupakan salh satu kegiatan promosi yang di lakukan melalui suatu media.
Post a Comment
Budayakan komentar yang sehat, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.